0
Artikel tentang belajar bisnis online gratis untuk pemula ini kami buat untuk Anda yang memiliki niat untuk belajar dan menambah pengetahuan tentang segala sesuatu informasi positif termasuk di dalamnya tentang informasi bisnis online.

Dengan membaca artikel belajar bisnis online gratis untuk pemula ini anda akan mendapatkan segenap informasi tentang pengetahuan dasar yang idealnya di miliki oleh segenap para calon pebisnis online pemula.

Artike tentang bisnis online untuk pemula ini kami buat berdasarkan pengalaman pribadi kami dalam menekuni bisnis online selama ini.

Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Belajar Bisnis Online


Dari pengalaman kami dalam menekuni dunia bisnis online selama ini ada cukup banyak kesalahan yang di lakukan oleh seorang pebisnis online pemula.

Dengan membaca artikel ini kami berharap anda dapat belajar untuk tidak mengulangi segenap kesadaran yang telah di lakukan oleh segenap para pebisnis online pemula.

Sekalipun pada dasarnya melakukan sebuah kesalahan dalam suatu kegiatan yang baik adalah suatu kewajaran, namun dengan belajar dari kesalahan orang lain dan tidak mengikuti kesalahan tersebut akan menjadikan anda lebih bijak. 

Sebelum kita lanjutkan terlebih dahulu kita akan membahas tentang definisi bisnis online itu sendiri. Silahkan cermati dengan baik.

Definisi Bisnis Online

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa definisi bisnis online secara sederhana adalah adanya suatu kegiatan yang di lakukan oleh seseorang/individu atau kelompok/perusahaan yang di lakukan dalam rangka mencari suatu penghasilan/pendapatan di ranah online/maya.

Secara umum definisi bisnis online tidak jauh berbeda dengan definisi bisnis offline. 

Perbedaan mendasarnya adalah bahwa suatu bisnis online di lakukan di ranah online/maya dengan bantuan teknologi internet. Sementara bisnis offline adalah suatu kegiatan bisnis yang di lakukan secara konvensional di ranah offline/nyata.

Walaupun demikian hampir semua kegiatan bisnis di ranah offline dengan bantuan teknologi internet saat ini dapat di lakukan secara online. 

Bahkan saat ini semakin banyak bisnis offlline yang telah melakukan ekspansi usahanya ke ranah online. 

Setidaknya hampir setiap bisnis offline saat ini memiliki sebuah situs atau akun sosial media untuk memperkenalkan bisnis mereka di ranah online.

Perbedaan Dunia Bisnis dan Dunia Kerja

Jika bicara tentang bisnis maka mau tidak mau kita juga akan bicara tentang pekerja. Suatu bisnis walau bagaimanapun akan tetap membutuhkan pekerja untuk dapat membantu suatu bisnis dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ada cukup banyak perbedaan antara dunia bisnis dan dunia pekerja. 

Secara umum perbedaan mendasar dalam dunia bisnis dan dunia pekerja adalah bahwa dunia bisnis memerlukan perencanaan, persiapan yang cukup matang untuk dapat membangun suatu bisnis agar suatu bisnis yang baru di bangun dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sementara dunia pekerja adalah seseorang yang mengikuti ritme budaya, kerja, di mana seseorang tersebut berada.

Belajar Bisnis Online Gratis Untuk Pemula


Di era internet saat ini bisnis dapat di lakukan di mana saja. Tempat dan waktu hampir tidak lagi menjadi penghalang. Siapapun anda pada dasarnya memiliki kesempatan untuk dapat membangun suatu bisnis online.

Kemajuan teknologi seperti internet ini sejatinya dapat memberikan kesempatan besar bagi setiap orang untuk dapat memiliki bisnisnya sendiri tanpa harus memerlukan modal yang besar.

Membangun bisnis, usaha, dengan menggunakan kekuatan internet inilah yang di maksud dengan bisnis online. 

Suatu kegiatan mencari penghasilan, pendapatan melalui ranah maya adalah sebuah definisi sederhana tentang bisnis online.

Jika dahulu untuk dapat melakukan suatu bisnis memerlukan tempat dan modal usaha yang cukup besar. 

Bahkan suatu bisnis tidak dapat di buka, tumbuh dan berkembang dengan baik karena adanya kendala waktu dan banyak hal lainnya.

Dengan kemajuan teknologi internet saat ini teknologi ini dapat di gunakan untuk membantu siapapun dalam membangun suatu bisnis yang di inginkan nyaris tanpa batasan.

Dunia internet adalah dunia yang sangat luas. Bahkan beberapa master blogger menyatakan bahwa dunia online adalah sebuah dunia yang tidak jauh berbeda seperti rimba raya bahkan jauh lebih luas lagi.

Teknologi internet dapat menjadi sesuatu hal yang positif atau negatif tergantung daripada penggunanya itu sendiri. Tidak jauh berbeda dengan penggunaan pisau. Di tangan yang tepat ia akan mendatangkan manfaat begitu pula sebaliknya.

Dunia internet mampu memberikan segala informasi yang kita butuhkan bahkan sampai kepada hal-hal yang sama sekali tidak di butuhkan bahkan cenderung merugikan.

Sayangnya karena terbatasnya pengetahuan pengguna internet tentang informasi yang ada di dalamnya sekalipun negatif tetap di serap juga.

Dunia internet juga memiliki kemampuan untuk menawarkan banyak hal termasuk menawarkan kemampuan untuk kita semua memasuki wilayah suatu bisnis nyaris tanpa modal. Hampir segala informasi dapat Anda temukan di internet.

Jika dulu untuk dapat memiliki, memasuki,  membangun suatu bisnis di butuhkan pengetahuan, pengalaman serta pendanaan yang cukup besar dalam memulai suatu bisnis dan hal tersebut biasanya cukup sulit untuk di dapatkan.

Maka dalam era internet saat ini mengetahui, mempelajari dan melakukan suatu bisnis termasuk bisnis online dapat di lakukan oleh siapa saja yang ingin memulainya tanpa harus memperhatikan tidak cukupnya sumber daya yang di miliki untuk membangunnya

Membangun sebuah bisnis dengan menggunakan bantuan teknologi internet dapat di katakan sebagai membangun sebuah bisnis tanpa modal.

Hanya di butuhkan kemauan seseorang dalam belajar, menyerap segenap pengetahuan serta melakukannya, mempraktekkannya. Tentu saja segala sesuatu memiliki ilmunya sendiri-sendiri.

Sebagaimana bisnis offline. Dalam bisnis online cara kerja yang di lakukan untuk memulai membangun suatu bisnis, mengembangkan serta memetik hasilnya juga di perlukan ilmu dan pengetahuan tertentu.

Bedanya jika Anda membangun bisnis offline maka bisnis yang Anda bangun tersebu biasanya memerlukan sejumlah permodalan kapital yang cukup besar di awal anda akan membangun bisnis anda. Hal ini tentu sesuai dengan skala bisnis yang akan anda rintis.

Dalam membangun bisnis online modal kapital masih tetap di butuhkan namun secara umum modal kapital tidak lagi sebesar modal yang di butuhkan untuk membangun suatu bisnis offline.

Dalam bisnis online modal dasar yang Anda perlukan hanya lah kemauan Anda, niat anda yang kuat untuk terus belajar dan mempraktekkan apa yang telah anda pelajari.

Dengan memiliki sebuah Laptop/PC dan jaringan internet Anda telah memiliki peralatan cukup untuk dapat memulai membangun bisnis online pertama Anda.

Cara Membangun Bisnis Online


Ada cukup banyak hal yang perlu di perhatikan anda membangun bisnis online anda sendiri.

Setidaknya ada 5 hal penting yang harus anda perhatikan.

1. Mindset
Jangan pernah menganggap bahwa membangun bisnis online mudah dan cepat menghasilkan. 

Pada dasarnya dalam suatu bisnis perlu cukup banyak hal yang harus di ketahui untuk dapat dilakukan.

Membutuhkan cukup banyak waktu dan pengetahuan dalam membangun suatu bisnis online. Di dalamnya adalah karena dunia bisnis online sangat luas dan memiliki potensi yang besar.

Kesalahan mindset ini banyak di miliki oleh para pelaku bisnis online pemula. Dengan mengetahui ini semoga anda dapat menghindari.

2. Market
Anda harus menentukan pasar mana yang akan anda masuki. Hobi, pengetahuan dan keahlian yang saat ini anda miliki dapat anda jadikan sebagai produk dan atau jasa yang akan anda jual.

Sebagai pebisnis pemula sebaiknya Anda tidak memasuki pasar bisnis online di mana di dalamnya telah cukup banyak ada kompetitor.

3. Produk atau Jasa
Setelah anda menentukan atau menemukan pasar yang sekiranya tepat untuk anda maka anda harus mempersiapkan produk dan atau jasa yang akan anda jual.

Kabar baiknya adalah dalam bisnis online anda dapat melakukan bisnis tanpa harus memiliki produk dan atau jasa anda sendiri.

Cukup banyak perusahaan yang menawarkan beragam produk dan atau jasa untuk anda jual. yang harus anda lakukan adalah mencari produk dan atau jasa yang akan anda jual dan perusahaan yang tepat.

4. Visi dan Misi
Anda harus memiliki pandangan cukup jauh ke depan. Anda harus memiliki sikap bahwa dalam membangun suatu bisnis online memerlukan ketekunan dan kesungguhan.

Anda harus memiliki goal yang jelas tentang bisnis online yang akan anda bangun. Berapa lama bisnis online yang baru anda bangun tersebut dapat menghasilkan. Berapa besar penghasilan yang akan anda dapatkan adalah merupakan bagian dari visi dan misi Anda dalam membangun bisnis online.

5. Tetap Semangat
Jangan putus asa. Sebagaimana halnya dalam membangun bisnis offline dalam membangun bisnis online sekalipun kegagalan adalah suatu keniscayaan.

Kabar baiknya adalah jika dalam membangun sebuah bisnis offline dan mengalami kegagalan maka kerugian dalam bentuk materi cukup besar.

Sementara dalam membangun bisnis online sekalipun mengalami kegagalan tidak akan terlalu mengalami kegagalan.

Jaga hati untuk tetap semangat. Ulangi langkah dari awal jika anda mengalami kegagalan. Dengannya kami percaya anda telah belajar untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama dalam membangun bisnis online.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel tentang belajar online gratis untuk pemula ini dapat bermanfaat. Salam sukses!


Posting Komentar Blogger

 
Top