0
Definisi aset digital menurut para ahli secara sederhana dapat di gambarkan sebagai sesuatu yang di harapkan dapat mendatangkan keuntungan atau penghasilan secara rutin di luar sesuatu yang konvesional, aset biasa, bagi pemiliknya

Hampir tidak ada beda sebenarnya dengan definisi aset konvensional. Yang membedakan hanyalah bahwa aset digital ada di ranah online dan aset konvensional,  non digital ada di ranah offline.

Jika definisi atau pengertian aset digital secara sederhana ini dapat di pahami selanjutnya kita akan membahas apa sebenarnya yang di maksud dengan aset digital.

Definisi aset digital menurut para ahli

Apakah yang di maksud dengan aset digital adalah sesuatu yang menyerupai aset konvensional biasa seperti, tanah, emas, surat berharga dlsb atau kah aset digital tersebut sama sekali lain bentuknya??

Yang jelas sekalipun definisi tentang aset digital secara sederhana yang telah kami sampaikan di atas bukan lah aset konvensional, dalam artian aset biasa seperti yang kita kenal semacam tanah, emas, surat berharga dlsb.

Tapi juga yang di maksud dengan aset digital ini tidak terbatas hanya berupa mata uang digital saja, yang juga biasa di sebut crytocurency. Sejauh yang dapat kami fahami bahwa pengertian aset digital lebih luas dari itu.

Jika anda memperhatikan betapa cukup boomingnya market place-market place yang ada di Indonesia saat ini. Itu pun dapat di sebut sebagai aset digital.

Termasuk game-game yang ada di playstore. Aplikasi-aplikasi yang cukup banyak beredar di internet. Termasuk yang ada di dalam playstore maupun situs lain kesemuanya masuk ke dalam definisi aset digital.

Pada prinsipnya bahwa apa yang di maksud dengan aset digital, setidaknya menurut kami, adalah sesuatu yang di harapkan dapat memberikan penghasilan bagi pemiliknya. Dan sesuatu itu nyaris tidak dapat di pegang akan tetapi memiliki potensi yang cukup besar untuk mampu mendatangkan penghasilan bagi pemiliknya.

Pemilik blog dan pemilik channel youtube yang telah memiliki kemampuan mengelola blog dan channel youtubenya dengan baik pun sangat layak untuk dapat di sebut sebagai pemilik atau telah memiliki aset digital.

Termasuk juga jika anda memiliki akun sosial media seperti facebook, twitter atau instagram sejatinya anda telah memiliki potensi untuk memiliki aset digital. Bahkan tidak terbatas hanya itu saja karena sebuah akun game pun dapat saja menjadi aset digital anda.

Alasan utamanya adalah bahwa setiap pemilik blog, channel youtube, akun sosial media telah memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan melalui internet, online. Tanpa harus memiliki sesuatu yang terlihat cukup berharga di ranah offline. Karena dengan pengelolaan yang cukup baik pemilik aset digital tersebut akan mampu mendapatkan penghasilan di ranah online.

Poinnya adalah aset bermakna sesuatu yang menghasilkan pendapatan dan digital adalah online, ranah maya.

Selama aset itu, apapun bentuknya, berada di ranah online. Anda miliki, anda mampu untuk mengelolanya hingga memberikan anda penghasilan. Maka apapun bentuk dan nama aset digital tersebut layak untuk di sebut sebagai aset digital.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel tentang definis aset digital ala blog pribadi ini dapat bermanfaat. Tetap semangat.. Salam sukses

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top