0
Definisi bisnis menurut para ahli cukup beragam. Alasan definisi dari kata bisnis dapat beragam adalah karena kata bisnis adalah sebuah kata yang cukup luas cakupannya.

Hal ini menjadi salah satu sebab mengapa para ahli memberikan definisi yang berbeda tentang kata bisnis.

Melalui artikel definisi bisnis menurut para ahli ini kami akan memberikan informasi kepada Anda tentang definisi bisnis, manfaat membangun suatu bisnis dan cara membangun suatu bisnis secara sederhana.

Artikel tentang definisi bisnis ini di buat dengan tujuan semoga dengan pengetahuan dasar yang kami berikan segenap pembaca dapat mengetahui seluk beluk bisnis yang pada akhirnya jika memungkinkan dapat terlibat di dalamnya.


Definisi Bisnis Menurut Para Ahli


Ada beberapa pendapat ahli tentang definisi bisnis. Secara umum dapat di katakan bahwa definisi bisnis adalah suatu kegiatan yang di lakukan oleh seorang individu atau perusahaan untuk mendapatkan penghasilan dari suatu produk atau jasa yang di jual kepada konsumen.

Suatu bisnis pada prinsipnya hanya memiliki 2 kegiatan usaha saja.

Jenis kegiatan usaha pertama adalah menjual suatu produk/barang. Jenis kegiatan kedua adalah menjual jasa. Kegiatan bisnis ini di lakukan baik secara langsung maupun tidak langsung adalah menjual produk dan atau jasa.

Yang di maksud dengan kegiatan bisnis yang di lakukan secara tidak langsung adalah sebuah kegiatan bisnis yang di lakukan dengan melibatkan individu atau perusahaan lain.

Hal ini di sebut sebagai sebuah kegiatan bisnis yang di lakukan secara tidak langsung karena melibatkan individu atau perusahaan lain sebagai penyalur barang/produk ata jasa.

Sementara kegiatan bisnis yang di lakukan oleh individu atau perusahaan pemilik produk/jasa itu sendiri di sebut sebagai suatu kegiatan bisnis langsung.

Di sebut demikian karena proses penjualan suatu produk atau jasa tidak melibatkan individu atau perusahaan lain.

Saat ini sering kemajuan teknologi mayoritas bisnis melibatkan individu atau perusahaan lain. Baik sebagai afiliasi maupun sebagai individu atau perusahaan trading, perdagangan.

Di mana ada suatu individu atau perusahaan pembuat produk atau jasa dan ada pelaku bisnis yang khusus membantu untuk memasarkan produk atau jasa yang telah di buat. Perusahaan seperti ini di kenal sebagai perusahaan trading.

Manfaat Membangun Bisnis


Manfaat membangun bisnis sangat besar sekali. Baik jika di lihat dari kaca mata para pelaku kegiatan bisnis itu sendiri maupun di tinjau dari hubungan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah dengan para pelaku bisnis.

Suatu kegiatan bisnis akan mampu memberikan kehidupan yang lebih baik bagi setiap individu pelakunya maupun masyarakat dan negara. Pelaku bisnis dalam membangun bisnis nya senantiasa harus bekerjasama dengan orang lain.

Dengan demikian kegiatan suatu bisnis membutuhkan tenaga kerja lain yang tidak dapat di kerjakan sendiri oleh pemilik bisnis.

Dengan sendirinya maka akan terbuka lapangan kerja yang akan semakin luas. Di mana hal tersebut tergantung dari banyak nya suatu bisnis dan kapasitas bisnis tersebut ada.

Manfaat membangun suatu bisnis yang dapat terlihat nyata adalah akan terbangunnya etos kerja yang baik bagi para pelakunya.

Mampu memberikan kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat di sekitar bisnis tersebut berada. sekaligus dapat membantu negara dalam membangun perekonomian bangsa adalah beragam manfaat dari membangun suatu bisnis.

Cara Membangun Bisnis Sederhana


Adapun cara membangun bisnis secara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara bertanya kepada diri sendiri kemampuan apa saja kah yang sekiranya telah di miliki? Keunggulan apa sajakah yang telah di miliki yang sekiranya tidak di miliki oleh orang lain? dan banyak hal lainnya.

Fokuslah dengan apa yang telah di miliki. Fokuslah dengan potensi diri dan apa yang di sekitar anda tanpa harus terlalu memikirkan perasaan kurang yang ada di dalam diri.

Prinsipnya adalah di mana ada kebutuhan maka segala produk dan atau jasa dapat di jual untuk mendatangkan penghasilan.

Jika mungkin memberikan suatu produk yang belum ada di pasar adalah sesuatu yang baik dengan segala konsekuensinya. Melakukan modifikasi suatu produk dan atau jasa yang sudah ada di pasar pun tidak masalah.

Kunci untuk dapat memulai suatu bisnis adalah jangan pernah ragu untuk memulai. Mulailah membangun suatu bisnis dengan apa yang telah di miliki.

Jangan pernah membangun suatu bisnis dengan menunggu modal atau apa pun itu bentuknya. Jangan menunggu terlalu lama untuk dapat membangun suatu bisnis hanya karena belum lengkapnya tim.

Yang paling terpenting dalam membangun suatu bisnis adalah adanya kemauan dan kerja keras di iringi dengan do'a.

Jika tim telah siap. Modal telah tersedia. Mungkin membangun suatu bisnis akan dapat menjadi lebih cepat. Tapi belum tentu juga akan demikian. Faktanya cukup banyak pebisnis yang gagal dalam membangun bisnis sekalipun fasilitas telah ia miliki.

Pada kenyataannya pengalaman dalam membangun suatu bisnis adalah sesuatu yang tidak ternilai harganya. Pengalaman dalam membangun suatu bisnis mutlak di butuhkan dari hal lainnya.

Hanya dengan pengalaman jatuh bangun dalam membangun bisnis siapapun orangnya akan dapat belajar tentang cara membangun suatu bisnis dengan lebih baik lagi.

Saran kami bangun bisnis dari awal. Dari modal serba terbatas. Dengan semakin cepat anda memulai untuk membangun suatu bisnis maka anda akan semakin cepat pula belajar. Di dalamnya akan ada cukup banyak pengalaman yang akan dapat membawa anda ke puncak kesuksesan jika anda tidak menyerah di tengah jalan.

Demikian artikel singkat tentang definisi bisnis menurut para ahli. Semoga bermanfaat

Post a Comment Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top