0
Ragam model bisnis online yang terbukti menghasilkan cukup banyak jenisnya. Sebenarnya model bisnis online di internet tidak ada bedanya dengan model bisnis offline. 

Perbedaan mendasarnya adalah bahwa model bisnis online di kerjakan di ranah maya sementara model bisnis offline di kerjakan di ranah nyata.

Dalam artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang apa yang dimaksud dengan model bisnis online dan jenis-jenis nya.

Sebagaimana mungkin telah anda ketahui bahwa dalam bisnis ada istilah model bisnis. Agar Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan model bisnis.

Dalam artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda apa sebenarnya yang dimaksud dengan model bisnis secara umum dan khususnya apa yang dimaksud dengan model bisnis online.

Sebelum kita membahas tentang apa yang dimaksud dengan model bisnis, khususnya tentang model bisnis online, terlebih dahulu kami akan membahas tentang definisi atau arti dari model bisnis online itu sendiri.

Penjelasan tentang model bisnis online secara umum adalah jenis-jenis atau ragam cara di mana suatu bisnis online mendapatkan uang dalam bisnisnya. 

Demikianlah penjelasan tentang definisi atau arti dari model bisnis online secara umum.

Cukup sederhana bukan? Benar tidak ribet. Sangat sederhana. Jadi arti dari model bisnis online secara umum adalah cara suatu bisnis online dalam menghasilkan uang.

Ok, Selanjutnya kita akan membahas ragam model bisnis online apa yang saat ini berkembang.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dari model bisnis offline, dalam model bisnis online ada beragam istilah model bisnis.

Dari apa yang dapat kami pahami, setidaknya sampai saat ini, ada 5 model bisnis online secara umum. Diantaranya adalah:

5 Model Bisnis Online Terbukti Menghasilkan


1. Model Bisnis Online Menjual Produk dan atau Jasa 
Dalam model bisnis online jenis ini persis sama dengan model bisnis offline. 

Perbedaannya adalah bahwa model bisnis online ini dilakukan secara online atau melakukan pemasaran suatu produk dan atau jasa dengan menggunakan bantuan teknologi internet. 

Atau dalam istilah khusus bisnis online disebut menggunakan pemasaran digital atau digital marketing.

Karena sifatnya yang luas model bisnis online menjual produk dan atau jasa ini tidak mengharuskan pelakunya hanya terbatas menjual produk dan atau jasa yang bersifat offline.

Jenis produk seperti ebook, buku elektronik, jasa pembuatan blog atau website, pembuatan software atau aplikasi iPhone dan Android adalah jenis produk dan atau jasa yang dapat dipasarkan oleh pelaku model bisnis online jenis ini.

Sebagaimana telah cukup diketahui bahwa dalam bisnis yang menggunakan bantuan teknologi internet tidak terbatas hanya dapat menjual produk dan atau jasa fisik saja.

Penjualan produk dan atau jasa digital dapat dilakukan. Bahkan saat ini penjualan produk dan atau jasa digital semakin meningkat setiap tahunnya.

Freelancer atau pekerja lepas adalah satu contoh nyata bahwa seseorang dapat melakukan penjualan produk dan atau jasa secara mandiri di mana pun ia berada. 

Sepanjang koneksi internet di milikinya dan ia memiliki kemampuan seperti membuat artikel, blog, aplikasi, software dan lainnya, siapapun dia dapat menjalankan model bisnis online ini.

Platform atau tempat menjual jasa yang saat ini cukup dikenal adalah semacam situs fever. Di situs ini anda dapat menjual jasa anda dan menghasilkan uang di dalamnya.

Yang anda butuhkan adalah koneksi internet yang cukup stabil. Dengan kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu, semacam membuat artikel, membuat akun sosial media dan hal-hal lain dan kemudian melakukan promosi dengan beragam cara maka anda akan memiliki potensi besar untuk dapat menghasilkan uang di internet.

2. Model Bisnis Online Afiliasi
Model bisnis online afiliasi hampir sama dengan model bisnis offline sejenis perantara atau sering juga disebut mediator.

Model bisnis online afiliasi adalah suatu model bisnis online di mana pelakunya membantu memasarkan suatu produk dan atau jasa yang dimiliki oleh pihak lain.

Dalam hal ini pelaku model bisnis online afiliasi akan menghasilkan uang setelah mereka berhasil dalam membantu memasarkan suatu produk dan atau jasa yang dimiliki oleh pihak lain.

Dalam model bisnis online jenis afiliasi ini pelaku tidak memerlukan modal produk dan atau jasa sendiri.

Ia dapat menghasilkan uang dengan cara membantu memasarkan produk dan atau jasa pihak lain.

Cukup banyak jaringan situs yang dapat anda coba untuk menjalankan model bisnis online jenis afiliasi ini. 

Amazon dan eBay adalah 2 di antara banyak situs yang menawarkan peluang mendapatkan uang dari internet dengan menggunakan model bisnis online afiliasi. 

3. Model Bisnis Online Advertising
Iklan adalah salah satu jenis model bisnis online yang cukup banyak diminati oleh segenap pebisnis online. 

Alasan terpenting adalah bahwa dengan menggunakan model bisnis online jenis advertising ini para pelakunya tidak harus memiliki produk dan atau jasa sendiri. 

Ia juga tidak harus membantu memasarkan produk atau jasa orang lain seperti model bisnis online afiliasi.

Walau secara umum terlihat hampir sama dengan pengguna model bisnis online jenis afiliasi. Tetap ada perbedaan di antara keduanya.

Perbedaannya adalah bahwa pengguna model bisnis offline jenis afiliasi memasarkan atau membantu memasarkan produk dan atau jasa berupa digital maupun non digital dengan menaruh, memasang link, tautan afiliasi di ragam media seperti sosial media dan atau blog.

Sementara pelaku model bisnis online iklan ini menggunakan cara-cara lain, Seperti pelaku model bisnis online jenis advertising menggunakan blog dan atau youtube dengan membuat konten berupa artikel dan atau video untuk dapat menghasilkan uang dari internet.

Dengan menggunakan beragam jenis content seperti artikel dan atau video ini, tanpa harus meletakkan link afiliasi, pelaku model bisnis online jenis iklan ini dapat menghasilkan uang dengan bantuan teknologi internet.

Model bisnis online berbasis iklan masih dapat dibagi lagi ke dalam dua bagian seperti:
1. Dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain seperti dengan bekerja sama dengan perusahaan iklan besar semacam google adsense dan media net.

Di perlukan beberapa syarat untuk seseorang dapat bekerjasama sama dengan perusahaan penyedia iklan sepert seperti Google Adsense.

Tidak mudah untuk memenuhi syarat tersebut tapi tidak terlalu sulit juga. Hal ini di buktikan hingga saat ini pelaku model bisnis online jenis advertising ini masih cukup banyak.

2.  Pelaku model bisnis online berbasis iklan tidak bekerja sama dengan pihak atau perusahaan penyedia iklan lain, melainkan mereka menampilkan iklan dengan cara langsung dengan cara bekerja sama dengan pihak pemasang iklan langsung tanpa perantara..

Model bisnis online menampilkan iklan ini disebut juga dengan model bisnis online iklan mandiri.

Pelaku model bisnis online iklan mandiri ini juga cukup banyak walau tidak sebanyak pelaku model bisnis online iklan yang bekerjasama dengan pihak lain.

Alasan terpenting adalah bahwa pelaku model bisnis online iklan mandiri tidak dapat secara cepat untuk mendapatkan iklan mandiri.

Pelaku model bisnis online jenis iklan mandiri secara umum membutuhkan branding yang cukup besar dan dalam di platform blognya.

Selain itu model bisnis online iklan mandiri secara umum kecil kemungkinan untuk mampu mendapatkan penghasilan yang cukup besar dan konsisten karena tipe model bisnis online ini membutuhkan sikap aktif dari pelakunya.

Pelaku model bisnis online iklan mandiri biasanya secara umum sebagian besar menggunakan blog yang dikelola nya. 

Keterbatasan tempat untuk dapat menampilkan iklan secara mandiri di platform penyedia layanan video seperti youtube, membuat pelaku model bisnis online iklan mandiri secara umum sulit untuk dapat menggunakan platform semacam youtube.

Keterbatasan inilah yang membuat model bisnis online jenis advertising mandiri tidak cukup banyak yang melakukan.

4. Model Bisnis Online Dropshipper
Model bisnis online dropshipper adalah suatu model bisnis online di mana pelakunya melakukan penjualan suatu produk dan atau jasa tanpa harus memiliki produk dan atau jasa itu sendiri.

Model bisnis online dropshiper hampir sama dengan model bisnis online jenis afiliasi. 

Perbedaannya adalah bahwa model bisnis online jenis dropshipper melakukan penjualan dengan membuat semacam toko online di ragam platform seperti marketplace, blog atau sosial media Facebook.

Di mana mereka melakukan penjualan suatu produk dan atau jasa dengan cara mengambil keuntungan dari selisih modal penjualan dan pembelian dari penyedia produk di mana produk dan atau jasa tersebut dikirimkan.

Model bisnis online shop shipper cukup banyak diminati karena dengan menggunakan model bisnis online dropshipper seseorang dapat menjual produk dan atau jasa tanpa harus terlebih dahulu memiliki stok produk dan atau jasa itu sendiri.

Singkatnya adalah bahwa model bisnis online dropshipper mendapatkan penghasilan dengan cara melakukan penjualan produk dan atau jasa orang lain dengan beragam cara seperti membuat toko online sendiri, marketplace dan atau sosial media.

5. Model Bisnis Online Agency
Walaupun model bisnis online agency mungkin belum cukup banyak ada di indonesia, setidaknya hingga saat ini, akan tetapi model bisnis online agency juga menjadi salah satu model bisnis online yang dapat menghasilkan uang.

Cara kerja model bisnis online agency cukup sederhana. 

Mereka melakukan penjualan yang biasanya bersifat jasa dengan bekerja sama dengan pihak lain yang memiliki kapasitas untuk dapat mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.

Sebagai contoh pihak agensi dapat menjual jasa pembuatan website, aplikasi iphone atau android atau bahkan penyedia backlink tanpa harus mereka sendiri mampu untuk melakukannya.

Yang perlu mereka lakukan adalah menemukan seseorang atau beberapa orang yang memiliki kemampuan seperti tersebut diatas dan kemudian memasarkannya. 

Pelaku model bisnis online agency Mendapatkan uang dengan cara mengumpulkan beragam jenis talenta untuk kemudian memasarkannya kepada dunia dengan bantuan teknologi internet.

Demikian artikel dengan judul 5 jenis model bisnis online terbukti menghasilkan yang dapat kami sampaikan. 

Walaupun jenis model bisnis online ini dapat di pecah-pecah kembali tapi kami meyakini bahwa secara umum hanya ada 5 jenis model bisnis online dalam dunia digital marketing.

Silahkan like, komen dan share artikel ini jika di rasa bermanfaat. Salam sukses! 

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda yang berkaitan dengan artikel

 
Top