0
Pasif income dari internet itu tidak ada. Percayalah dengan apa yang kami sampaikan. Terlepas dari mana anda mendapatkan informasi tersebut, dengan tegas kami sampaikan bahwa pendapatan pasif dari internet benar-benar tidak ada.

Jangan mudah tergiur dan cepat percaya atas informasi yang anda dapatkan di internet. Khususnya tentang masalah pasif income. 

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan tentang definisi pasif income dan apakah benar bahwa pasif income di internet itu tidak ada untuk anda.

Sebagaimana telah cukup banyak di ketahui bahwa obsesi terbesar sebagian orang untuk masalah keuangan pribadi saat ini adalah tentang cara menghasilkan "pendapatan pasif" atau pasif income. 

Kami melihat semakin banyak artikel dengan judul semacam "10 ide mendapatkan pasif income di tahun 2020" atau "Bagaimana cara saya menghasilkan $50 per hari bahkan lebih dari pasif income" bertebaran di internet.

Alasan mengapa banyak artikel seperti ini ditulis adalah karena artikel tersebut memiliki peluang untuk mendapatkan jumlah klik yang besar. 

Dengan potensi jumlah klik yang besar maka pemilik artikel memiliki harapan untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang besar ke dalam blog yang di kelolanya yang kemudian bermuara kepada bertambahnya potensi penghasilan yang akan di dapatkan.

Alasan artikel tersebut mendapatkan jumlah klik besar adalah karena hampir semua orang saat ini menyukai gagasan tentang menghasilkan uang secara pasif.

Tentu tidak ada yang salah tentang hal ini. Terlebih di saat Indonesia dan dunia mengalami pandemic corona. 

Memiliki pasif income adalah sesuatu yang cukup menarik. Belum lagi jika benar pasif income dari internet itu ada dan cukup mudah untuk dilakukan.

Namun demikian tidak semua informasi akurat apa adanya termasuk tentang informasi yang telah anda dapatkan semacam pasif income dari internet.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa penghasilan pasif, pasif income, murni, dari internet itu benar-benar tidak ada.

Apa yang di maksud dengan penghasilan pasif, pasif income?
Mari kita mulai dengan mendefinisikan apa sebenarnya yang di maksud orang-orang ketika mereka mengatakan tentang, pasif income, "pendapatan pasif".

Sederhananya, pasif income atau penghasilan pasif adalah uang yang Anda terima tanpa perlu bekerja.

Jika kita bicara secara khusus tentang pengertian kata "pasif income" dalam pengertian finansial tentang pendapatan pasif pada umumnya akan mengacu kepada suatu pendapatan yang dihasilkan dari sebuah investasi seperti saham, obligasi & real estate.

Namun demikian, definisi pendapatan pasif tampaknya telah meluas ke segala jenis kegiatan bisnis seperti;

1. Menjual produk informasi seperti buku dan kursus melalui internet
2. Pemasaran afiliasi
3. Airbnb
4. Iklan blog
5. Iklan YouTube

Sebagai seseorang yang saat ini terlibat atau telah terlibat dalam semua aktivitas yang tercantum di atas, kami dapat memberi tahu Anda dengan kepastian mutlak bahwa tidak satu pun dari aktivitas di atas benar-benar dapat di katakan "pasif".

Hal demikian yang membawa kami kepada suatu kesimpulan bahwa pasif income, "penghasilan pasif" dari internet tidak ada.

Dalam artikel ini kami sampaikan kepada anda beragam alasan dari apa yang telah kami tuliskan di atas untuk memberi tahu Anda seberapa banyak pekerjaan aktif yang harus anda lakukan jika anda ingin mendapatkan pasif income, "penghasilan pasif" seperti di atas.

Di bawah ini kami sampaikan beragam cara mendapatkan pasif income dari internet yang telah cukup di kenal, yang pada dasarnya bukan pasif income murni, untuk anda.


5 Cara Mendapatkan Pasif Income Dari Internet 


1. Menjual produk informasi
Menjual ebook dan kursus online telah menjadi model bisnis yang trendi sejak beberapa waktu yang lalu khususnya di tahun 2020. 

Kami sependapat bahwa menjual ebook dan kursus online adalah cara yang bagus untuk mengubah hasrat Anda terhadap sesuatu menjadi bisnis yang menghasilkan uang.

Tapi meskipun menjual ebook dan kursus online dapat menjadi suatu bisnis yang hebat, hal itu masih jauh untuk dapat di katakan mendapatkan "penghasilan pasif".

Alasannya adalah bahwa untuk dapat membuat sebuah ebook dan kursus online membutuhkan cukup banyak hal yang harus dilakukan.

Pertama, Anda perlu meluangkan waktu untuk dapat menjadi seseorang yang cukup ahli dalam suatu hal, Niche, Tema, Topik, yang ingin Anda ajarkan.

Anda perlu merencanakan kurikulum kursus. Kemudian Anda perlu menulis setidaknya garis besar dari apa yang akan Anda sampaikan di setiap pelajaran dalam kursus online anda.

Selanjutnya Anda perlu merekam kursus Anda ke dalam format video. Hal ini di perlukan tentu saja agar produk anda dapat menjadi lebih berkualitas.

Selanjutnya anda  perlu mengedit hasil rekaman video untuk kursus Anda tersebut agar terlihat lebih profesional.

Setelah mengedit, Anda akan menyadari bahwa Anda perlu kembali untuk melakukan rekam ulang di beberapa bagian dari kursus online Anda karena di rasa kurang.

Setelah Anda menyusun suatu kursus, Anda perlu menemukan platform, tempat, yang tepat untuk anda dapat menjalankan kursus online Anda.

Setelah kursus online anda dibuat, Anda masih perlu memasarkan dan menjual kursus online anda tersebut untuk mendapatkan penghasilan.

Selanjutnya setelah Anda menjual kursus online tersebut, Anda harus melakukan layanan kepada pelanggan dan menangani masalah yang mungkin dialami siswa yang mengikuti kelas belajar online anda.

Cukup banyak bukan pekerjaan yang harus anda lakukan jika anda berfikir bahwa membuat sebuah kursus online adalah satu-satunya hal yang anda fikir dapat menghasilkan pasif income.

Jujur saja setiap kali seseorang memasukkan kursus online ke dalam daftar ide "penghasilan pasif" mereka hal tersebut membuat kami menghela nafas.

Walaupun kami sendiri belum dapat di katakan sebagai pebisnis yang kuat dan tangguh tapi melihat hal sedemikian membuat hati kami merasa sedikit sedih.

Kesimpulannya adalah bahwa benar membuat sebuah kursus online memang dapat menguntungkan dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, akan tetapi hal tersebut masih belum dapat di katakan sebagai pasif income.

2. Membuat Ebook
Membuat sebuah Ebook, buku elektronik, tidak sesulit seperti membuat kursus online. Tapi tetap ada cukup banyak hal yang harus anda lakukan sebelum anda dapat membuat sebuah ebook dan memasarkannya untuk dapat mendatangkan penghasilan.

Menemukan ide bisnis pembuatan ebook dalam ceruk pasar yang cukup memiliki peminat tidaklah mudah. 

Anda mungkin dapat membuat sebuah ide berdasarkan topik hobi, kesukaan anda. Tapi di dalamnya ada masalah.

Apakah ebook yang akan anda buat berdasarkan topik hobi anda tersebut cukup memiliki peminat menjadi suatu pertanyaan penting yang tidak dapat anda abaikan.

Menuangkan ide, gagasan ke dalam bentuk artikel setelah menemukan Niche ebook yang akan kita tulis juga tidak mudah.

Untuk membuat sebuah ebook yang memiliki cukup informasi yang valid, tidak bertele-tele dan memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada segenap calon pembeli, pembaca ebook juga tidak mudah.

Belum lagi kita perlu memiliki kemampuan untuk membuat cover ebook yang cukup menarik. 

Walaupun hal ini dapat di siasati dengan menggunakan jasa orang lain, pengeluaran dana dan waktu juga di butuhkan.

Selanjutnya setelah ebook dapat diselesaikan dengan baik ebook tersebut harus di pasarkan untuk mendatangkan penghasilan.

Beragam platform seperti meletakkan ebook yang yang telah kita buat di google book playstore, di dalam sebuah blog, menggunakan iklan di google ads, Facebook ads dan lainnya dapat kita coba.

Hal ini tentu membutuhkan waktu, biaya dan kesabaran di dalamnya. Tidak mudah

3. Pemasaran Afiliasi
Afiliasi pemasaran terdengar seperti sesuatu yang akan menjadi aliran pendapatan pasif yang sangat baik. 

Anda hanya perlu membagikan tautan suatu produk dengan kode unik tertentu, yang kemudian ketika seseorang melakukan klik pada tautan tersebut dan membeli produk, maka komisi akan dibayarkan kepada Anda. Yang berarti anda akan menghasilkan uang.

Afiliasi pemasaran lebih mudah untuk dilakukan daripada membuat kursus online. Alasannya adalah karena Anda tidak perlu membuat produk anda sendiri.

Anda tidak perlu melakukan layanan pelanggan apa pun. Termasuk di dalamnya masalah pengiriman produk dan atau packing barang tidak perlu anda pikirkan.

Yang paling harus anda pikirkan adalah bagaimana caranya agar pengunjung yang melakukan klik terhadap link afiliasi anda banyak dan semakin bertambah banyak.

Namun demikian mendapatkan penghasilan online melalui model bisnis afiliasi ini tidak sesederhana seperti men-tweet beberapa tautan dan menunggu uang mengalir masuk.

Untuk dapat menjadi sukses sebagai pebisnis online dengan menggunakan model bisnis pemasaran afiliasi, Anda perlu menemukan sebuah produk yang Anda gunakan dan percayai. Kemudian Anda memasarkan produk tersebut.

Mengapa idealnya anda harus memiliki suatu produk terlebih dahulu sebelum anda mencoba memasarkan produk tersebut?

Alasannya adalah dengan memiliki suatu produk yang ingin anda bantu pasarkan maka anda akan memiliki potensi lebih besar untuk dapat melakukan kegiatan promosi pemasaran Anda dengan lebih baik.

Dengan anda memiliki suatu produk tertentu maka anda akan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Dengan demikian proses promosi yang akan anda lakukan dapat menjadi lebih mudah.

Proses promosi produk tersebut dapat berarti bahwa anda harus menulis sebuah ulasan, review, dan atau membuat video yang membahas produk yang anda ingin bantu pasarkan dan bagaimana hal itu dapat membantu audiens Anda. 

Artinya mau tidak mau anda juga harus membangun audiens, penyimak, pendengar, pemirsa anda kepada siapa ulasan tersebut ingin anda sampaikan.

Membangun audiens yang mempercayai dan menghargai pendapat Anda membutuhkan waktu dan usaha. Tidak semudah apa yang di sampaikan orang-orang di luar sana.

4. Jasa penyewaan kamar, rumah Airbnb 

Bisnis ini adalah hal lain yang mungkin ada dalam daftar "penghasilan pasif" yang cukup di kenal yaitu jasa penyewaan kamar atau rumah, tempat tinggal seperti Airbnb.

Di Indonesia jasa seperti ini mungkin belum cukup banyak ada. Tapi jika kita analogikan tidak jauh berbeda dari usaha kos-kosan.

Sekali lagi, kedengarannya hal ini sangat sederhana. Anda hanya perlu memiliki kamar cadangan atau rumah yang tidak anda tempati. 

Tempatkan kamar atau rumah yang anda miliki di Airbnb saat Anda tidak menggunakannya dan bersantai maka anda akan mendapatkan penghasilan pasif.

Anda mungkin dapat menghasilkan banyak uang menggunakan cara ini, tetapi untuk melakukannya membutuhkan banyak pekerjaan. 

Sistem bisnis Airbnb tidak seperti investasi real estate tradisional dan lebih seperti anda menjalankan mini-hotel Anda sendiri. 

Jika Anda akan mengenakan biaya mahal untuk sebuah paket Airbnb, maka tamu Anda akan mengharapkan lebih dari sekadar tempat tidur, kamar mandi, dan dapur. Mereka menginginkan pengalaman.

Tahukah anda perasaan yang anda dapatkan saat masuk ke dalam suatu hotel dengan handuk terlipat yang wangi, air dingin dan hangat beserta gelasnya dan ada coklat di atas bantal? Itulah perasaan yang diberikan tuan rumah Airbnb yang luar biasa kepada para tamunya. Hal demikian tidak akan terjadi tanpa adanya kerja keras.

Anda juga perlu melakukan beberapa pekerjaan rutin lain, seperti memasarkan kamar dan atau rumah Anda melalui beragam media.

Di dalamnya itu mungkin termasuk membuat beberapa foto profesional, menulis deskripsi / promosi penjualan yang sempurna untuk kamar atau rumah yang akan Anda sewakan.

5. Blogging & YouTube
Sangat memungkinkan untuk anda dapat menghasilkan uang dengan memulai sebuah blog atau saluran YouTube. 

Tetapi hal ini membutuhkan banyak usaha di awal, dan Anda tidak akan menghasilkan banyak uang dalam waktu cepat.

Seorang blogger secara rata-rata dapat menghasilkan uang kurang dari $ 3 per hari. Dan untuk mendapatkan penghasilan dari blog tersebut setidaknya membutuhkan waktu 1 tahun.

Seorang youtuber membutuhkan setidaknya 10.000 subscriber dan 4000 jam tayang sebelum mereka diizinkan menjalankan iklan, dan kemudian mereka baru dapat menghasilkan sekitar $ 9 untuk 1.000 tampilan.

Meskipun Anda memiliki banyak penonton dan dapat memonetisasi blog atau saluran YouTube Anda dengan cara yang benar, Anda masih perlu membuat artikel dan atau video, yang semuanya membutuhkan banyak pekerjaan.

Jadi dari uraian kami di atas dapat disimpulkan bahwa yang benar adalah semua ide tentang pasif income, "pendapatan pasif" yang di dapatkan dari internet ini tidak pasif murni.

Pendapatan yang di katakan pasif tersebut sesungguhnya hanya dapat di katakan sebagai pekerjaan, pendapatan sampingan. 

Kami fikir memiliki sebuah bisnis sampingan adalah cara yang bagus untuk dapat meningkatkan pendapatan dan mengarahkan pendapatan baru tersebut untuk dapat melunasi hutang, jika ada, menabung atau untuk investasi. 

Cukup banyak orang menjalankan usaha sampingan dengan beragam cara dengan tujuan memperbaiki situasi keuangan mereka.

Namun, Anda tidak dapat menyebut bisnis sampingan tersebut sebagai pasif income "pendapatan pasif". Kata "penghasilan sampingan" jelas membutuhkan sikap aktif bukan "pasif". 

Jika Anda ingin memulai suatu pekerjaan sampingan, itu bagus. Tetapi lakukan itu karena anda telah mengetahui bahwa hal tersebut akan menjadi suatu pekerjaan yang cukup berat untuk di lakukan.

Hanya ada satu sumber penghasilan pasif murni. Satu-satunya “pendapatan pasif”, pasif income yang benar-benar ada adalah suatu pendapatan yang Anda terima dari suatu investasi yang telah anda lakukan. 

Jika Anda memiliki saham, obligasi, atau real estate, dan Anda menggunakan manajer properti untuk mengurus properti anda tersebut, maka Anda dapat dikatakan mendapatkan penghasilan tanpa melakukan pekerjaan apa pun.

Pendapatan dari suatu investasi adalah satu-satunya bentuk pendapatan pasif yang murni. Suatu penghasilan yang akan anda dapatkan tanpa anda harus bekerja.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pasif income dari internet itu benar-benar tidak ada kecuali anda melakukan kegiatan tersebut dengan di bantu orang lain secara maksimal.

Yang artinya anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membayar orang yang membantu anda membuat artikel, video, promosi sosial media, konten promosi lain dan lain sebagainya.

Tapi jika anda masih ingin tau tentang cara mendapatkan pasif income dari internet maka anda harus bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting, Seperti bagaimana cara seseorang dapat menerima penghasilan pasif dari suatu investasi? Jawabannya jelas. Mereka perlu melakukan investasi. 

Dari mana mereka mendapatkan penghasilan untuk diinvestasikan? Dari pendapatan aktif yang mereka telah miliki dan di sisihkan tentunya. 

Kecuali jika Anda mewarisi suatu investasi dari orang tua anda misalnya atau Anda mendapatkan rejeki nomplok entah dari mana, maka satu-satunya cara untuk anda mendapatkan pasif income dari suatu investasi adalah dengan cara mendapatkan pekerjaan untuk menghasilkan uang terlebih dahulu dan kemudian menyisihkan uang tersebut untuk di investasikan.

Hal yang sangat perlu di pahami adalah bahwa pasif income murni tidak dapat di lakukan tanpa terlebih dahulu memiliki pendapatan aktif, active income.

Jangan mudah percaya dan tergoda iming-iming dari siapapun tentang hal ini. Akan selalu ada scamer, penipu, di mana saja termasuk di dalam dunia investasi.

Jika Anda benar-benar menginginkan penghasilan pasif, maka Anda perlu menemukan cara untuk dapat menghasilkan lebih banyak uang terlebih dahulu sambil mempertahankan biaya hidup Anda saat ini sebelum melakukan investasi.

Hal ini akan mendatangkan arus kas positif untuk anda yang kemudian dapat diinvestasikan dalam suatu investasi yang pada akhirnya hal tersebut dapat menghasilkan pendapatan pasif, pasif income.

Tiga cara sederhana untuk dapat menghasilkan uang tambahan atau bahkan menghasilkan cukup banyak uang adalah:

1. Hasilkan lebih banyak uang dalam per jam.
Jika saat ini penghasilan anda dalam 1 jam hanya menghasilkan uang sebesar sepuluh ribu rupiah misalnya maka anda harus meningkatkan penghasilan perjam anda dengan cara yang mungkin dapat anda lakukan.

2. Bekerja lebih lama.
Jika saat ini jam kerja anda hanya jam kerja minimal sebanyak 8 jam maka anda dapat mempertimbangkan untuk menambah jam kerja anda menjadi 9 atau 10 jam.

3. Memulai suatu bisnis paruh waktu atau melakukan bisnis sampingan.
Melakukan bisnis paruh waktu atau melakukan bisnis sampingan selain dari pekerjaan pokok anda dapat anda lakukan untuk menambahkan potensi penghasilan anda.

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan pasif income, "penghasilan pasif", maka Anda harus bekerja keras untuk itu.

Tidak ada yang mudah tapi tidak ada juga yang terlalu sulit untuk dilakukan jika kita berusaha untuk terus senantiasa gigih menjalankannya.

Tetap semangat. Salam sukses!

Posting Komentar Blogger

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan tulis komentar Anda di bawah ini. Salam..

 
Top