0

Rencana pemasaran produk secara efektif dan efisien idealnya harus di upayakan bahkan sebelum suatu produk dan atau jasa dalam suatu bisnis siap di distribusikan.

Alasannya adalah karena rencana pemasaran memerlukan waktu dan biaya yang cukup untuk dapat membuat suatu produk dapat di ketahui calon konsumen.

Sementara produk belum mendatangkan penghasilan anda harus mengeluarkan biaya untuk proses pemasaran.

Anda mungkin tau bahwa ada istilah fixed cost, biaya tetap, selain biaya tidak tetap yang harus anda keluarkan dalam membangun bisnis Anda.

Proses pemasaran atau promosi suatu produk memerlukan waktu dan biaya cukup besar. Karenanya membuat rencana pemasaran produk secara efektif dan efisien mutlak di lakukan.

Alasan penting mengapa pemasaran suatu produk harus dilakukan adalah bahwa untuk dapat tumbuh dan berkembangnya suatu bisnis suatu produk harus terjual.

Dalam hal ini pemasaran suatu produk adalah kunci paling utama. Dan rencana pemasaran yang efektif dan efisien idealnya harus di persiapkan.

Tanpa adanya pemasaran, tanpa adanya penjualan, maka sebaik apapun produk dan atau jasa yang ada tidak mungkin dapat membuat sebuah bisnis dapat tumbuh dan berkembang.

Di zaman sekarang ini, pemasaran internet muncul sebagai salah satu metode pemasaran yang paling layak dan hemat biaya terutama untuk usaha kecil.

Pemasaran Internet, internet marketing, juga di sebut sebagai pemasaran digital atau digital marketing. Suatu cara atau metode melakukan pemasaran atau promosi suatu produk dan jasa dengan bantuan teknologi internet.

Definisi Pemasaran Elektronik

Sebelum membahas lebih lanjut tentang rencana pemasaran produk secara efektif dan efisien kita ketahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan pemasaran elektronik atau pemasaran digital.

Definisi secara umum dari pemasaran elektronik atau digital marketing adalah suatu proses pemasaran yang menggunakan bantuan teknologi digital, teknologi internet, untuk menjual suatu barang atau jasa.

Istilah pemasaran elektronik, digital marketing, internet marketing pada dasarnya adalah sama. Jenis pemasaran ini menggunakan bantuan teknologi internet.

Dengan pertumbuhan teknologi dan internet, menjadi keharusan bagi suatu bisnis untuk menggunakan strategi pemasaran elektronik untuk melengkapi metode pemasaran tradisional suatu bisnis.

Dengan pemasaran digital yang di lakukan penjualan produk dan jangkauan pasar di harapkan akan menjadi semakin luas.

Jika anda melakukan membangun bisnis online pada umumnya anda hanya perlu memfokuskan perhatian anda pada digital marketing saja. 

Digital marketing pada dasarnya menggunakan konsep dasar pemasaran yang sama dengan pemasaran tradisional. 

Tujuannya adalah merancang strategi pemasaran untuk menyampaikan pesan Anda ke pasar yang menjadi tujuan produk Anda.

Perbedaan pemasaran tradisional dengan digital marketing terletak pada pilihan yang tersedia bagi Anda saat memasarkan dan mengiklankan produk, layanan, atau bisnis Anda. 

Tentu saja, Anda selalu dapat menggunakan metode tradisional, tetapi saat ini akan lebih bijak untuk anda memanfaatkan peluang pemasaran yang diberikan teknologi internet.

Pemasaran elektronik menghasilkan hasil yang luar biasa dalam hal peningkatan pangsa pasar, margin keuntungan yang tinggi dan perlindungan pelanggan yang berkelanjutan. 

Ini juga ideal untuk di lakukan oleh setiap bisnis kecil dan menengah karena digital marketing lebih terjangkau dan tidak terlalu membutuhkan tenaga dan biaya.

Tapi sebelumnya anda harus membuat rencana pemasaran elektronik produk anda dengan baik sebelum anda meluncurkan kampanye pemasaran elektronik anda. 

Jika hal ini di lakukan anda dapat berharap kampanye pemasaran produk anda akan dapat berjalan baik.

Fokus dari rencana digital marketing adalah memastikan respon yang tinggi dari calon pelanggan, engagement istilah kerennya. 

3 Rencana Pemasaran Produk Secara Elektronik Efektif dan Efisien

Di bawah ini adalah ringkasan langkah-langkah untuk membuat rencana pemasaran elektronik anda menjadi lebih efektif dan efisien.

1. Tentukan pasar Anda

Sebelum hal lain anda lakukan terlebih dahulu Anda harus melakukan identifikasi pasar produk Anda. 

Selanjutnya tetapkan sumberdaya yang di butuhkan sesuai dengan kelompok sasaran pasar produk Anda. 

Untuk dapat menciptakan kelompok pasar produk Anda lebih efektif anda harus terlebih dahulu mengelompokkan pasar anda sesuai dengan jenis kelamin, usia, penghasilan dan lain sebagainya.

Semakin detail informasi calon konsumen yang dapat anda kumpulkan maka proses pemasaran elektronik yang anda lakukan akan dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Ketahui tentang apa yang menjadi kebutuhan, keinginan dan harapan calon konsumen terhadap produk anda.

Dengan melakukan hal ini Anda akan memiliki ide lebih baik untuk melakukan promosi produk dan atau jasa Anda. 

Jika hal ini anda lakukan maka proses menentukan biaya pemasaran akan lebih mudah di capai, manfaat maksimal dari proses pemasaran pun akan anda dapatkan.

Jangan lupa untuk mempelajari apa yang di lakukan oleh pesaing anda. Apa yang mereka lakukan untuk promosi pemasaran produk mereka? Apakah produk anda telah cukup banyak ada di pasar dan lain sebagainya.

Setiap kemungkinan, kesempatan, peluang untuk produk anda dapat di kenal oleh calon konsumen harus anda upayakan.

2. Tetapkan metode dan tujuan rencana pemasaran elektronik

Anda harus menetapkan tujuan kampanye pemasaran Anda dengan jelas. Semakin jelas akan semakin baik.

Apakah tujuan pemasaran anda untuk meningkatkan pengenalan produk atau perusahaan anda? Apakah tujuan pemasaran yang ingin anda raih adalah meningkatkan kunjungan ke situs perusahaan anda? Apakah Anda ingin situs perusahaan dan atau produk anda mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari? 

Tujuan Anda mungkin termasuk untuk membangun dan meningkatkan kehadiran bisnis Anda di mata konsumen secara online, menyebarkan informasi tentang bisnis anda dan untuk memperoleh prospek penjualan.

Setelah tujuan pemasaran Anda buat Anda harus menetapkan metode pemasaran apa yang akan Anda gunakan. 

Anda tidak disarankan untuk menggunakan satu metode saja. Akan selalu lebih bijaksana untuk menggunakan beberapa metode pemasaran elektronik.

3. Tetapkan anggaran dan strategi pemasaran elektronik Anda

Tetapkan anggaran pemasaran elektronik produk anda sebelum anda menentukan metode dan strategi kampanye pemasaran 

Tentukan metode dan strategi yang akan anda lakukan berdasarkan anggaran yang telah tersedia dengan tepat.

Temukan strategi dan teknik yang tepat untuk kampanye pemasaran elektronik Anda.  Lakukan identifikasi strategi dan teknik yang di butuhkan sebelumnya.

Terapkan metode pemasaran Anda. Rumuskan strategi untuk menarik perhatian pasar produk Anda. 

Tentukan prioritas pemasaran digital produk Anda. 

Gunakan beragam metode pemasaran yang berbeda untuk produk anda agar anda dapat mengetahui metode pemasaran mana yang terbaik untuk produk yang akan anda pasarkan.

Hati-hati terhadap biaya yang anda keluarkan dalam proses pemasaran elektronik produk anda. 

Saat ini anda belum mendapatkan penghasilan dari penjualan produk anda. Pengeluaran sekecil apapun harus diperhitungkan.

Sekalipun di perlukan beragam cara pemasaran untuk mendapatkan hasil terbaik anda tetap harus mempertimbangkan pengeluaran anda.

Apapun tujuan kampanye pemasaran produk anda. Apapun metode pemasaran produk yang anda lakukan. Memperhatikan dengan baik pengeluaran anda akan dapat membantu proses bisnis anda untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pastikan bahwa biaya yang Anda keluarkan tidak lepas kendali. 

Gunakan analisis biaya dan manfaat untuk menentukan anggaran yang dapat diterima. 

Manfaat yang di dapat harus lebih dari sekadar mengimbangi biaya pemasaran yang telah Anda keluarkan.

Dengan demikian pemasaran digital yang anda lakukan akan dapat mencapai tujuan anda secara efektif dan efisien.

Tidak mudah untuk melaksanakan ini semua. Tapi jika hal ini di lakukan dengan baik kami percaya bisnis anda pada akhirnya akan mampu untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Demikian informasi tentang 3 rencana pemasaran produk secara elektronik efektif dan efisien kami berikan untuk anda. Salam sukses!

Posting Komentar Blogger

 
Top